- Graphic Design (Desain Grafis)
- Advertising (Periklanan)
- Digital Imaging & Photography (Pencitraan Digital & Fotografi)
- Web Design (Desain Web)
- Multimedia
- Game (Permainan)
- Animation (Animasi 2D & 3D)
- Motion Graphics & Broadcast Design (Grafik Gerakan & Desain Siaran)
- Visual Effects (Efek Visual)
- Digital Video (Video Digital)
- Architecture & Interior (Arsitektur & Interior / bagian dalam)
- Visualization & Simualtion (Visualisasi & Simulasi)
1. Graphic Design (Desain Grafis)
Software :
- Photoshop :Untuk memanipulasi gambar
- Corel Draw, Freehand & Illustrator : Untuk membuat ilustrasi & desain
- Page Maker, In Design & Quark Xpress : Untuk membuat layout buku & majalah
- Poster, buku, majalah, brosur, logo, dll
- Desain pracetak, percetakan, penerbit, inhouse creative dept.
Software :
- Photoshop, Corel Draw, Freehand & Illustrator (Kegunaannya ada pada penjelasan tentang Desain Grafis)
- Print ad, bill board, packaging, dll
- Advertising
Software :
- Photoshop, Corel Draw, Freehand & Illustrator sebagai elemen pendukung
- Foto, poster, billboard, dll
- Fotografi, advertising, desain
Software :
- Dreamwaver : Untuk membuat layout sebuah web
- Photoshop, Imageready & Fireworks : Untuk membuat elemen grafis dalam sebuah web
- Flash : Untuk membuat animasi dalam sebuah web
- Freehand : Untuk membuat elemen ilustrasi dalam sebuah web
- Website
- Web, advertising, Inhouse & Creative Dept. & pendidikan
Software :
- Macromedia / Adobe Director : Untuk membuat multimedia interaktif
- Flash : Untuk membuat web multimedia & animasi 2D
- Photoshop : Untuk editing gambar
- Adobe Premiere Pro & Adobe After Effects : Untuk membuat elemen-elemen video
- 3DS Max : Untuk membuat animasi 3D
- Sejarah Multimedia
- Pengertian Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning. Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.
Itulah pengertian multimedia menurut Wikipedia. Kemudian berikut ini adalah pengertian multimedia menurut beberapa orang pakar :
1. Ms Cormick, 1996 : Multimedia secara umum merupakan kombinasi dari 3 elemen. Yaitu suara, gambar dan teks.
2. Turban dkk, 2002 : Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data, media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar.
3. Robin & Linda, 2001 : Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, gambar & video.
4. Hofstetter, 2001 : Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video & animasi) dengan menggabungkan link & tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dan berikut ini adalah pengertian dari cabang-cabang multimedia :
1. Multimedia interaktif adalah proses ketika anda mengizinkan end user dari sebuah proyek multimedia untuk mengontrol apa & kapan elemen-elemen tersebut akan dikirim dan dimainkan
2. Hypermedia adalah proses penyediaan suatu struktur dari elemen-elemen multimedia yang terkait dimana end user dapat mengarahkannya.
3. Multimedia terintegrasi adalah jalinan bagian dari definisi multimedia, dimana dokumen sumber seperti montage, grafis, potongan video & suara berpadu menjadi presentasi akhir.
Sekian penjelasanku tentang multimedia. Pada artikel selanjutnya aku akan membahas tentang kelebihan multimedia, komponen multimedia & software multimedia. Mohon maaf apabila artikel ini memiliki banyak kekurangan. Terima kasih.
wah ini kan yang diajarin ma ka'in...
ReplyDeleteyoyoy, , ,!!! yh bwt bagi" ilmu, , , :))
ReplyDelete